Milles Crepes Fruity with Peanuts Butter Skippy


🌿 Milles Crepes Fruity With Peanuts Butter by Skippy 🌿


Wacana ku diet di Bulan Ramadhan itu sudah jelas hanya janji-janji dan rencana palsu belaka. Ya iyalah ! Secara setiap siang otak selalu bekerja cukup keras memikirkan "Nanti buka puasa pake apa yah ?" belum lagi ketika di sore hari pergi ngabuburit ke pasar Ramadhan, huwalah khilaf.

Nah ketika naluri masak lagi membara, aku suka mencari inspirasi di medsos atau mengolah bahan-bahan yang ada di dapur. Sayangnya ketika mencoba membuat cake / dessert hasilnya selalu saja tak sesuai ekspektasi πŸ˜…. Setelah nonton tayangan lomba masak di Tv dan chefnya membuat makanan khas Perancis versi Indonesia, sepertinya bakal bisa kubuat lebih sederhana cara masaknya menyesuaikan budget ku 😎.

Namanya Milles Crepes, yaitu tumpukan berlapis-lapis crepe biasanya 20 lapis yang dilapisi dengan whiped cream. Tekstur Crepes yang dibuat tidak sama seperti Crepes yang ada di mall-mall yah, tapi lebih seperti dadar gulung punya Indonesia. Menurut sejarahnya usia Crepes sudah cukup tua, kurang lebih hampir 9.000 tahun orang-orang sudah menyantap crepes dalam berbagai bentuk dan yang cukup nge-hits akhir-akhir ini adalah Milles Crepes.

Yuks kita coba eksekusi Milles Crepe Fruity with Peanuts Butter dari Skippy versi saya, kebetulan selama bulan puasa ini saya selalu stok roti dan selai kacang "Skippy" untuk menu sahur saya jika sedang tidak nafsu makan nasi. Nah Milles Crepe ini cocok menjadi salah satu menu buka puasa kalian loh ! Karena tekstur lembut Crepe yang dipadukan dengan selai kacang yang gurih, whiped cream yang manis, potongan buah-buah segar, dan disajikan dingin dari kulkas cocok untuk pengganti gorengan sesekali yakan πŸ˜‰


Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat crepes  :

  • 500 gram terigu
  • 4 butir telur
  • 500 ml susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm gula halus
  • 3 sdm margarin
  • Air secukupnya

Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat cream cheese :

  • 500 ml susu cair
  • 1 balok keju (biasa beli di toko bahan kue merk win cheese)
  • 1/2 kaleng Kental manis
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 3 sdm maizena
  • Air secukupnya

Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk topping :



Cara membuat ala mbak tarr πŸ˜‰

Sebenernya untuk bahan olesan milles crepes ini kebanyakan pakai whiped cream, berhubung dalam rangka menghemat budget, jadi aku mau cobain pakai cream cheese yang dibuat sendiri.

Kita buat cream cheesenya dulu ya mantemans πŸ˜‰


1. Masukan keju yang sudah di parut halus kedalam panci
2. Tambahkan susu cair
3. Tambahkan kental manis
4. Tambahkan gula pasir
5. Masukkan sejumput garam agar ada rasa asin sedikit selain dari kejunya lalu panaskan dengan api kecil saja ya mantemans
6. Setelah hampir mendidih, masukkan larutan maizena
7. Aduk-aduk terus hingga mengental dan mulai meletup-letup, jika sudah
meletup-letup tandanya cream cheese sudah matang & dinginkan

Lalu kita buat kulit Crepes ya πŸ˜‰


1. Masukkan 4 butir telur tanpa kulit hanya putih dan kuningnya saja kedalam wadah
2. Tambahkan gula pasir lalu kocok lepas menggunakan garpu atau whisk tapi jangan sampai kelepasan yah 🀭
3. Setelah terkocok, masukkan terigu
4. Tambahkan susu cair, aduk
5. Tambahkan gula halus
6. Tambahkan margarin yang telah dicairkan, aduk hingga adonan menyatu dan kekentalannya dirasa cukup bisa bergerak diatas teflon. Kalau masih merasa kekentalan kalian bisa tambahkan air secukupnya
7. Saring adonan agar kita dapat adonan halus tanpa ada perungkel-perungkelnya.
8. Adonan siap didadar diatas teflon kalian juga bisa menambahkan ekstrak vanilla agar adonan crepesnya wangi, tapi berhubung dirumah lagi gak ada jadi aku skip aja deh 😁

Oiya ketika teflon kalian olesi dengan margarin menggunakan kuas, jangan terlalu banyak yah ! cukup tipis-tipis aja agar si crepes bisa terbentuk dengan cantik.
Jika teflon sudah mulai memanas, kalian bisa siram dengan air supaya adem 🀣 (iyuhhh garing amat becandaan gue). Menuangkan adonan menggunakan sendok sayur juga bisa kok,tuangkan pada bagian tengah teflon lalu kalian putar teflonnya agar adonan memenuhi seluruh bagian. Tunggu hingga adonan bewarna kuning kecoklatan lalu balik adonan tadi agar kedua sisi matang.


Buat crepes hingga minimal  20 lembar yah mantemans supaya tinggi tumpukannya cucok. Kalo aku sih crepes pertamanya diolesi dengan "Skippy Peanuts Butter", tumpuk dengan crepes kedua lalu olesi dengan cream cheese dan taburi dengan buah strawberry, tumpuk dengan crepes  ketiga lalu olesi dengan "Skippy Peanuts Butter", tumpuk dengan crepes keempat lalu olesi dengan cream cheese dan taburi dengan buah mangga, tumpuk dengan crepes kelima lalu olesi dengan "Skippy Peanuts Butter", tumpuk dengan crepes keenam  lalu olesi dengan cream cheese dan taburi dengan buah kiwi, lakukan terus hingga crepes habis. Masukkan kedalam kulkas selama 2 sampai 3 jam agar Milles Crepesnya padat.


Milles Crepes Fruity with Peanuts Butter Skippy  siap disantap dalam keadaan dingin saat berbuka puasa πŸ˜‰. Tekstur Crepes yang lembut dipadukan dengan creamcheese yang creamy, potongan buah yang segar, dan gurihnya selai kacang dari Skippy bener-bener lumer di lidah.

- Selamat mencoba -

Comments

  1. enak banget kayaknya mba,,

    ReplyDelete
  2. Bangeeeet pokoknya, yang bikin enak tuh selain dimakan ketika dingin, ada rasa gurih Creamy dr si selai kacangnya ... 😁
    Sok mangga dicoba eksekusi mba/mas 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perjalanan Paling Mengesankan dan Menyenangkan di Malang

Lindungi Hutan Selamatkan Sumber Pangan

TRIP IMPIAN KE MALAYSIA DENGAN WATSONS