Kuliner Yogyakarta

Bicara tentang kota Jogja, ga jauh-jauh pastinya sama bicara tentang kulinernya dong. Yang terkenal dari Jogja ada Gudeg dan Bakpia. Tapi sebenernya Jogja punya banyak banget pilihan kuliner yang bakal memanjakan lidah para kuliners =D diantaranya kita sempet nyobain makan di tempat-tempat berikut :

- OSENG MERCON BU NARTI -

Habis maghrib Fira pun jemput kita lagi untuk wisata malam sambil nyari makan malam. Setelah perjalanan jauh rasanya mantap kali yah makan makanan yang puedesssss ...
Akhirnya kita putuskan makan Oseng Mercon Bu Narti di kawasan kauman. Warung tenda pinggir jalan itu rame banget pengunjungnya, ada yang duduk lesehan di pinggir trotoar, ada juga yang duduk di kursi-kursi. Penasaran dengan tingkat kepedesan yang disajikan,kita pun memperhatikan ekspresi wajah para konsumen. Wah luar biasa, mereka makan tapi berasa olahraga ! keringat pada ngucur,bibir pada merah seperti pake Gincu a.k.a Lipstik, dan pada mengendus-endus kepedesan (apaan sih bahasa gueh mengendus-endus hhahah).
Yah namanya juga kita orang baru dan karena seringnya ter PHP oleh nama-nama tempat makan yang menggunakan kata PEDAS faktanya ga Pedas, kita memutuskan pesan 3 porsi oseng mercon lengkap pakai nasi dan lalapan.


Pandangan pertama sama makanan yang tersaji dihadapan kita adalah "Wagelaseh ini makanan kayaknya beneran pedes banget deh,kumpulan daging,lemak,dkk dibalut dengan sambal yang berminyak membuat liur kita ngeces gengs". Tapi daripada tebak-tebak rasanya lebih baik langsung shikaaaaaaatttttt !!!!!! huh pertama kali makan makanan pedas dan ga habis. Sejarah banget untuk gueh yang sangat amat penyayang ini sama makanan tega ga menghabiskan makanan. Sumpah parah pedes banget, daripada nantinya bermasalah sama perut dan moment liburan berantakan ya lebih baik lambaikan tangan ke kamera deh 😢😅 Untuk 3 porsi oseng mercon pakai nasi + ati ampela goreng 2 pcs kita merogoh kocek kurang lebih 120 ribuan. 


- SATE MBAK BELLA -

Eittsss tunggu dulu ! yang punya bukan Laudya Cyntia Bella ya gengs 😅 lokasi sate mbak Bella ini persisnya berada di pinggir jalan Imogiri Timur km 11 Bantul. Kalian bisa search di google untuk lokasi pastinya. Bagi para penggemar kambing ini mah tempat yang cucok banget. Potongan dagingnya yang besar-besar, tekstur dagingnya yang empuk, dan harganya yang pas cukup memuaskan kita siang itu. Satu porsi sate berisi 5 tusuk lengkap dengan nasi 1 bakul. Harga pastinya aku lupa, yang jelas kisaran harga 20 ribuan. Di warung tersebut ga hanya ada sate kok, disana juga ada tongseng dan gulai. Untuk harga Tongseng kisaran 15 ribuan. Masalah rasa mah, mantap !!!



- GUDEG PAWON JANTURAN -

Lokasi Gudeg Pawon Janturan ini berada di dalam perkampungan daerah Janturan. Tapi kalau kalian mau makan disini, jangan salah jam. Warung Gudeg ini buka pukul 21.30 WIB. Para pengunjung akan diberi nomor antrian dan bisa memilih makan langsung di dapur atau di pelataran dapur. Namanya juga Gudeg Pawon, Pawon artinya dapur. Kita bisa ngelihat sendiri kondisi dapur sang pemilik karena memang makanannya dijajakan di dapur langsung.
Rasa gudegnya sendiri enak dan gurih, gudeg identik dengan rasa manis. Bagi aku yang ga terlalu suka manis, rasa gudeg ini cocok banget. Harga yang ditawarkan pun kisaran dari 11 ribu - 25 ribu untuk makanannya. Oiya, waktu kita berkunjung sekitar jam 11 malam pun kita sudah dapat antrian terakhir. Huh beruntungnya kita malam itu masih dikasih kesempatan nyobain gudegnya, secara malam itu adalah malam terakhir kita di Jogja.

MAAF GENGS FOTO GUDEG NYA KEHAPUS, CUMA MASIH ADA FOTO TUNGKU NYA AJA =D

- SATE KERE -

Nyobain sate ini karena bude ngebeliin dan dibawa kerumah. Belum bisa ngebayangin sate kere bentuknya gimana sih, kere kan identik dengan miskin, nah sate miskin yang dimaksud itu apakah komposisinya dibuat bukan dari daging yang image daging sendiri pun adalah kaya =D atau si penjual sate yang dulunya sangat miskin, atau harga yang ditawarkan sangat murah untuk kaum menengah kebawah hhehhe
Ternyata potongan daging satenya kecil-kecil sekali gengs, disajikan dengan sayur seperti sayur lodeh pakai tempe gitu ditambah lontong. Rasa satenya manis banget ! tapi perpaduan yang pas kalau dimakan dengan sayur yang guring. Untuk harga aku ga tau ya gengs hhehhe soalnya kan gratisan.
Kalian bisa search di Google untuk cek lokasi dan harganya.







Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan Paling Mengesankan dan Menyenangkan di Malang

Lindungi Hutan Selamatkan Sumber Pangan

TRIP IMPIAN KE MALAYSIA DENGAN WATSONS