Ngetrip ke Jogja


Taman Bunga Matahari Bantul
Sebelum berkunjung ke suatu kota, aku biasanya follow akun sosmed yg mengulik tentang wisata dan kuliner di daerah tersebut. Kebetulan di akun instagramnya “Visit Jogja” ada satu tempat yang cukup menarik dan masih anti mainstream tapi cukup hitz (nahloh bingung kan πŸ€”πŸ€£). 
Namanya Taman Bunga Matahari, yang pastinya semua bunga ditempat itu kebanyakan bunga matahari meskipun ada juga jenis bunga lainnya. 


Lokasi wisata tersebut berada di Bantul Yogyakarta tidak jauh dari wisata Gumuk Pasir. Kalau kalian mau berkunjung, kalian bisa mengandalkan Google Map πŸ˜‚ karena aku pun bingung mau menjelaskan detail lokasinya. Sudah jelas deh pasti kesotoyan kita pun menyasarkan kita pada akhirnya, padahal udah pake google map πŸ™„ untungnya kita dikawal ama temen yang super duper sabar 😁. Oiya wisata ini jangan kalian fikir sama seperti Taman Bunga Begonia di Bandung atau Taman Bunga Nusantara di Cipanas ya, karena sebenarnya wisata ini tu sama seperti kebun yang dikelola warga sekitar dan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Jadi kalian bakal nemuin beberapa tempat wisata taman bunga di satu lokasi sepanjang jalan tersebut. Tinggal pilih 🀭 


Nah untuk harga tiket masuknya sangat murah ! Kalian cukup bayar Rp 5.000 /orang dan bayar parkir kendaraaan. Setelah itu ambil handphone atau kamera kalian lalu berposelah sekece -kecenya. Mungkin sebenarnya sebelum jadi taman bunga, lahan tersebut digunakan untuk menanam padi,jagung,atau mungkin tanaman kebun lainnya. Makanya ketika kita berkunjung, kita berasa seperti ada di lahan petak-petak gitu dan pemiliknya pun beda-beda.


Gumuk Pasir



Setelah puas menikmati keindahan bunga matahari, kita bergegas menuju wisata gumuk pasir yang  berada tidak jauh dari sana. Hamparan padang pasir atau biasa disebut gumuk pasir ini konon katanya hanya ada 3 dj Asia Tenggara, yaitu Filiphina, Vietnam, dan Indonesia. Wisata ke Gumuk Pasir hanya bayar parkir kendaraan aja gaes, kisaran biayanya mulai dari Rp 3000 – Rp 10.000 kok. Biasanya untuk mendapatkan foto yang kece, kalian bisa berkunjung di pagi atau sore hari. Nah kebetulan aku berkunjung di siang hari, jadilah kita memilih menikmati es kelapa sembari menunggu sore datang.


Sebelum tiba di lokasi wisata ini, aku malah mikirnya “ah palingan padang pasir dengan jenis pasir sama kayak pasir pantai di Balikpapan”. Ternyata ketika tiba di lokasi, aku dibuat speechless dengan keindahan pemandangan dan tekstur pasirnya yang jelas beda banget ! Pasirnya tuh lembuuuuuut bangettt,dan berkilauan. Uhhh berasa lagi di Dubai dong klo begini,tinggal Ontanya doang gak ada πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€­ (mencoba mengingat kembali kapan pernah menginjakkan kaki di Dubai πŸ€”).


Cukup banyak kok aktifitas yang bisa kalian lakukan ketika wisata ke Gumuk Pasir, jangan kaya aku yang cuma bisa menikmati es kelapa dan foto-foto setiba disana. Kalian bisa Sandboarding atau menyewa jeep untuk berkeliling di Gumuk Pasir. Pastinya kalian harus menyediakan budget ekstra untuk menyewa peralatannya yah. Kalian juga harus dalam kondisi tubuh yang baik ketika wisata kesini,karena ketika berjalan di atas hamparan padang pasir tuh ga mudah gaes !



Situs Sejarah WarungBoto


Nah sebenarnya di list wisata kita tuh tujuannya ke taman sari, tapi gak tau kenapa malah mainnya kesini πŸ˜‚. Pagi itu setelah reschedule tiket kereta ke Bandung, kita coba searching di google wisata terdekat selain mall (hahaha bosen ke Mall). Dan hasilnya kita nemu situs sejarah yang menurut kita gak kalah kece.


Kalian bisa meluncur ke Jalan Veteran Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbul Harjo. Lokasinya tepat berada di pinggir jalan, namun untuk kalian yang menggunakan kendaraan roda dua dapat parkir di perkampungan warga sekitar yang menyediakan lahan parkir. Waktu kita kesana, tiket masuk wisata ini sukarela dan kalian hanya perlu mengisi buku tamu.


Dulunya tempat ini tuh merupakan salah satu pesanggrahan keraton Yogyakarta yang digunakan Raja dan Ratu untuk beristirahat bernama "Pesanggrahan Rejowinangun". Ternyata eh ternyata saya baru tau loh tempat ini juga pernah dijadikan lokasi prewedding putri Presiden RI 😁, pantes aja sekarang cukup banyak berseliweran di feed Ig kaum milenial hhihhi (termasuk saya 😎)


Seribu Batu Songgo Langit


Keberangkatan kita ke Bandung tuh diundur 1 hari, dan rencananya last day kita di Jogja mau dipake tidur seharian karena ga ada kendaraan. Alhamdulillahnya bude telpon dan nawarin mau pake motor apa enggak, dan aku langsung "MAU" ! 🀣 sempet bingung sih mau dipake kemana πŸ€” tapi karena belum pernah berburu sunrise mungkin akan kita gunakan melipir ke daerah Dlingo yang banyak banget tempat wisata diantaranya Kebun Buah Mangunan,Seribu Batu Songgo Langit,Rumah Hobbit,Hutan Pinus,dsb.


Tiket wisata ke Seribu Batu Songgo Langit ini muraaaaaahhhh banget, kalian cukup bayar Rp 2.000 / orang dan parkir kisaran Rp 2.000 - Rp 5.000 loh ! Setelahnya kalian dapat menikmati kesejukan suasana disana,dan disana pun disediakan fasilitas outbound,tempat makan,dan toilet. Hmmmpp makin betah di Jogja, selain warganya yang ramah-ramah, harga tiket wisata disana juga murah dan sangat aman dikantong backpacker macam kita 😝




Kebun Buah Mangunan



Masih seputar daerah Dlingo, ada satu perkebunan yang ngehitz banget nih ! Sunrise disini pun ga kalah cakepnya sama ditempat lain, selain itu kalau kalian beruntung bisa liat Negeri Di Atas Awan juga. Kita yang tadinya mau berburu Sunrise disini gatot karena perjalanan pertama kita yang jauh dari estimasi.



Yupps, Kebun Buah Mangunan πŸ‘ setelah kita membeli tiket masuk seharga Rp 5.000 kita akan menuju lokasi utama dengan melalui jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Setibanya di lokasi utama, buru-buru deh ekye nyari warung mie 😁 soalnya laper gengs cuma sarapan roti doang ! Secara yhekan ekye orang Indonesia 😝



Suhu disana tuh dingin-dingin sejuk, hembusan angin yang semriwing membuat segelas teh hangat kita cepat menjadi dingin dalam waktu kurang dari 5 menit. Kalau disini sih, aku lebih ngerasa nyaman buat nongki-nongki asik sembari makan tempe goreng sama mie rebus menikmati keindahan view yang disuguhkan. Mager banget buat keliling dengan jalanan yang berbukit Hihihhi #SavemyLemak

Oiya kalau kalian berkunjung kesini, pastikan kondisi kendaraan kalian sehat dan jaga jarak aman mengingat kondisi jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.


 - Terima Kasih Jogja atas keindahan daerah yang disuguhkan kepada kami yang mencintai kalian - 

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan Paling Mengesankan dan Menyenangkan di Malang

Lindungi Hutan Selamatkan Sumber Pangan

TRIP IMPIAN KE MALAYSIA DENGAN WATSONS