Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi


Yogyakarta salah satu daerah yang paling sering dijadikan destinasi wisata di Indonesia oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota pelajar, kota budaya, surga kuliner, dan kota yang banyak melahirkan para seniman. Setelah dari Banyuwangi, kita memilih Yogyakarta untuk destinasi selanjutnya.


Pagi itu kita berkunjung ke Museum Merapi di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Berada di kaki Gunung Merapi, bangunan museum ini sangat indah dengan berlatarkan Gunung Merapi. Untuk berkunjung ke Museum ini kita cukup membayar tiket masuk dengan kisaran harga 5 ribu – 10 ribu rupiah, sedangkan untuk tiket parkirnya kita cukup merogoh kocek kisaran 2 ribu – 5 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau dibanding dengan pengetahuan yang akan kita dapatkan didalamnya.

Pada lantai pertama, kita akan menemukan replika penyebaran awan panas dan aliran lava ketika gunung tersebut meletus, ada tombol-tombol yang dapat kita tekan untuk melihatnya dan mendengar suara gemuruh layaknya saat kejadian tersebut. Lalu terdapat juga informasi mengenai gunung berapi dan gempa yang ada di Indonesia bahkan mancanegara serta koleksi benda-benda sisa letusan Gunung Merapi. Di museum ini juga kita bisa melihat banyak alat-alat jaman dulu yang digunakan untuk pemantauan Gunung Merapi bahkan mitologi gunung merapi.

Cukup banyak bukan pendidikan dan pengetahuan yang kita dapatkan jika kita berkunjung ke Museum Merapi ???

REPLIKA GUNUNG MERAPI

Sayangnya saat itu aku gak sempat untuk mengunjungi lantai 2 di museum ini. Uli yang sempat ke lantai 2 mengatakan disana kita akan menemukan mini theater yang tentunya akan menayangkan film dokumenter, alat peraga tsunami , dan disana juga akan diajarkan cara menyelamatkan diri ketika letusan gunung merapi terjadi.


MOTOR RUSAK AKIBAT AWAN PANAS

PATUNG 5 ANGGOTA TAGANA YANG GUGUR SAAT ERUPSI

Jadi bagi kalian yang mungkin sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta, alangkah baiknya mencoba mengunjungi Museum Gunung Merapi. Karena sangat banyak ilmu yang akan kita dapatkan disana.

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan Paling Mengesankan dan Menyenangkan di Malang

Lindungi Hutan Selamatkan Sumber Pangan

TRIP IMPIAN KE MALAYSIA DENGAN WATSONS